Akun FB Lapor Lumajang Didominasi Laporan Jalan Rusak

Senin, 22-07-2019 - 15:23 WIB Akun FB Lapor Lumajang yang dimiliki Pemkab Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES) Akun FB Lapor Lumajang yang dimiliki Pemkab Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

JATIMTIMES, LUMAJANG – Akun Facebook Lapor Lumajang yang diluncurkan Pemkab Lumajang sebagai sarana masyarakat menyampaikan aspirasinya, sampai saat ini masih didominasi oleh laporan tentang kerusakan jalan, baik jalan desa, jalan kabupaten maupun jalan nasional.

Selain masalah jalan, masalah admin kependudukan, seperti pelayanan pembuatan KTP dan lamanya proses pembuatan KTP sering menjadi topik yang cukup hangat menjadi laporan warga melalui akun Lapor Lumajang ini.

Untuk menjawab permasalahan yang masuk ke akun Lapor Lumajang, Dinas Kominfo Lumajang menugaskan tiga admin dari akun tersebut. Selain 3 admin dari Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang yang memberikan jawaban terhadap keluhan warga ini, Bupati Lumajang tidak jarang juga hadir langsung di akun Facebook ini dan memberikan penjelasan kepada masyarakat.

Isaac Hardy Yuwono, ST, salah satu admin Akun Lapor Lumajang dari Kantor Dinas Kominfo Lumajang, mengatakan, dalam beberapa hari terakhir selain masalah jalan, ada juga masalah lainnya yang menjadi topik laporan masyarakat melalui akun ini.

“Ada masalah seragam sekolah, ada masalah sampah di sungai yang belakangan ini menjadi laporan masyarakat melalui akun ini,” kara Isaac Hardy Yuwono, ST kepada media ini.

Diharapkan kedepan, semua OPD di Lumajang memiliki akun FB sendiri dan tergabung dalam forum akun Lapor Lumajang ini. Sehingga setiap ada permasalahan, pihak OPD bisa langsung memberikan tanggapan kepada masyarakat. Karena keluhan yang disampaikan cukup banyak, maka OPD yang bersangkutan diharapkan aktif dalam memberikan penjelasan kepada masyarakat.

“Masyarakat tahunya jalan rusak, jalan tersebut tanggung jawab siapa masyarakat bisa jadi belum mengerti. Dari sinilah kita harapkan ada tanggapan dari lembaga yang memang terkait dengan keluhan itu. Kalau memang jalan desa, ya harus kepala desa yang memberikan penjelasan, kalau memang jalan itu milik Kabupaten, maka Dinas PU yang harus memberikan penjelasan. Kita harapkan kedepannya begitu, sehingga tidak ada miss dalam memberikan informasi kepada masyarakat,” jelas Isaac Hardy Yuwono, ST kemudian.

Isaac Hardy Yuwono, ST juga menyebut, masyarakat sekarang bahkan sudah mulai peka dengan permasalahan yang ada di lingkungannya.

“Kemarin ada kendaraan berplat merah (kendaraan dinas) yang membuang sampah di sungai. Kendaraan tersebut dibuntuti oleh warga kemudian difoto dan diunggah ke media sosial. Makanya, sekarang ini eranya sudah sangat terbuka dan keterbukaan itu memang sedang kita bangun,” kata Isaac Hardy Yuwono, ST lagi.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Lumajang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close