Bangun Gedung Olahraga dari Anggaran DD dan ADD, Bupati Blitar: Desa Ngoran Patut jadi Percontohan

Rabu, 21-08-2019 - 18:50 WIB Bupati Blitar Rijanto saat meresmikan gedung olahraga Desa Ngoran.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES) Bupati Blitar Rijanto saat meresmikan gedung olahraga Desa Ngoran.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Seperti kita ketahui bersama bahwa salah satu program Dana Desa (DD) adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga mempercepat pembangunan sarana umum di pedesaan. Salah satu desa yang menerapkan dana desa untuk pembangunan sarana umum yakni Desa Ngoran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Dengan memanfaatkan DD dan ADD, desa ini mampu membuat gedung olahraga yang menjadi sarana olahraga bagi masyarakatnya. Gedung olah raga yang telah selesai dibangun ini diresmikan langsung oleh Bupati Blitar Rijanto pada Selasa (20/08/2018).

Menurut Kepala Desa Ngoran, Imam Syaiful dalam sambutannya mengatakan pembangunan sarana  Gedung Olahraga ini merupakan program unggulan dari masyarakat Desa Ngoran, yang tentunya sesuai dengan salah satu visi misi Pemerintah Kabupaten Blitar yakni mempercepat pembangunan berbasis desa melalui optimalisasi pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat desa.

"Kegiatan pembangunan Gedung Olahraga sarana prasarana Desa Ngoran ini diawali pada tahun 2017 lalu sebagai salah satu implementasi program inovasi desa. Pemerintah desa segera menindaklanjuti melalui musyawarah desa yang disepakati oleh masyarakat desa bersama BPD dan lembaga lainnya," ungkap Kepala Desa Ngoran, Imam Syaiful pada BlitarTIMES.

Perlu diketahui bahwa, pembangunan gedung olahraga ini dimulai tahap perencanaan pada tahun 2017 dan tahap pembangunan pada tahun 2018 hingga 2019. Pembangunan gedung ini dianggarkan melalui dana desa dengan total anggaran kurang lebih sejumlah Rp. 929 juta.

Dengan rincian penggunaan DD tahun anggaran 2018 sejumlah Rp. 449 juta dan DD tahun anggaran 2019 sebesar Rp. 479 juta.

Sementara itu, Bupati Blitar, Rijanto dalam sambutannya mengatakan,  pihaknya sangat mengapresiasi perkembangan Desa Ngoran, karena Desa Ngoran sebagai salah satu desa di Kabupaten Blitar yang memiliki perkembangan luar biasa. Dengan pengelolaan dana desa yang sangat baik bisa mempercepat pembangunan berbasis desa untuk kesejahteraan masyarakat.

"Saya sangat mengapresiasi langkah pemerintah desa Ngoran ini mulai dari perencanaan hingga pembangunannya sangat luar biasa sekali. Ini merupakan bukti jika Desa Ngoran ini telah mampu mengelola dan menyerap anggaran dari dana desa (DD/ADD) secara optimal dan akuntabel dalam pembangunan gedung olahraga ini,” jelasnya.

Pada kesempatannya Bupati menambahkan, pihaknya sangat bangga sekali melihat perkembangan Desa Ngoran. Mulai dari tahap perencanaan di tahun 2017 hingga pelaksanaan tahap pembangunan pada tahun 2018 dan 2019 perkembangannya sangat luar biasa pesat.

“Saya adalah salah satu saksi hidup perkembangan Desa Ngoran, Pemanfaatan Dana Desa untuk gedung ini, itu salah satu yang terbaik adalah Desa Ngoran, untuk kedepanya. Semoga gedung baru ini nanti membawa manfaat yang besar bagi masyarakat di bidang olahraga. Dan semoga Pemerintah Desa Ngoran kedepannya  bisa lebih baik lagi memberikan pelayanan kepada masyarakat di semua bidang,” tutup Bupati.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Sumber : Blitar TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close