Jawab Keterbatasan, Dishub Kabupaten Malang Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2019

Minggu, 15-09-2019 - 15:19 WIB Kepala Dishub Kabupaten Malang Hafi Lutfi setelah menerima penghargaan WTN 2019 dari Kemenhub RI (for MalangTIMES) Kepala Dishub Kabupaten Malang Hafi Lutfi setelah menerima penghargaan WTN 2019 dari Kemenhub RI (for MalangTIMES)

JATIMTIMES, MALANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang yang kerap tidak bisa memaksimalkan fungsi dan tugasnya karena keterbatasan anggaran setiap tahun yang dikelolanya. 

Menjawab keterbatasan tersebut dengan prestasi membanggakan di skala nasional.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) adalah ajang yang digelar pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di seluruh kabupaten/ kota se-Indonesia. 

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kabupaten/kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik, berkelanjutan dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan. 

Penghargaan ini kini diraih Dishub Kabupaten Malang di tahun 2019.

Dishub Kabupaten Malang menyisihkan dishub lainnya yang ada di Kabupaten/Kota Se-Indonesia. 

WTN pun kembali diraih dan dipersembahkan oleh Dishub Kabupaten Malang yang tahun ini juga sedang merayakan hari jadinya ke-1259.

"Alhamdulillah, setelah rangkaian seleksi dan penilaian dari tahun 2018 sampai 2019 ini, kita dipercaya untuk kembali menggenggam penghargaan WTN dari pemerintah pusat melalui Kemenhub," kata Kepala Dishub Kabupaten Malang Hafi Lutfi yang secara langsung menerima penghargaan, Minggu (15/09/2019) di Jakarta.

Seperti diketahui, penilaian WTN telah dilakukan sekitar Oktober-November 2018 lalu. 

Dimana, tim Kemenhub secara langsung melakukan kunjungan untuk melihat beberapa indikator yang dijadikan paramater penilaian.

Baik pada aspek administrasi, teknis, operasional, maupun kebijakan kepala daerah dalam pembangunan transportasi perkotaan di Kabupaten Malang.

Tiga indikator yang disiapkan oleh Dishub Kabupaten Malang untuk menuju Jakarta terkait WTN adalah unit uji kendaraan bermotor di UPT balai uji kir Talangagung, pelayanan angkutan di Terminal Talangagung dan fasilitas keselamatan pada tujuh ruas jalan raya. 

Yakni di Jalan Panji,  Sumedang,  Bromo, A. Yani,  Semeru,  Panarukan dan ruas jalan HM Sun'an di Kepanjen. 

Apresiasi penghargaan WTN 2019 yang disabet oleh Dishub Kabupaten Malang (for MalangTIMES)

Lutfi menyampaikan, sebelum penilaian tim secara tertutup dilakukan, pihaknya juga dipantau terlebih dahulu oleh  tim Dishub Provinsi Jatim. 

"Jadi, sebelum sampai pusat, tim provinsi melakukan pemantauan di tiga bidang tersebut. Alhamdulillah, waktu itu dari tim provinsi juga menyampaikan, bahwa kita sudah berjalan dan layak untuk diajukan  ke tingkat nasional dalam WTN 2019," ujar mantan Kepala BPBD Kabupaten Malang.

Hasil kerja keras seluruh pegawai Dishub Kabupaten Malang dalam menghadapi berbagai keterbatasan berbuah manis. 

Penghargaan WTN 2019 pun bisa kembali dibawa ke bumi Arema sebagai wujud kerja keras Dishub dalam menjalankan dan melayani masyarakat di bidang kelalulintasan.

Walau telah meraih prestasi yang membanggakan tingkat nasional, Lutfi menegaskan dirinya tetap berharap banyak ke depan Dishub akan semakin lebih baik lagi.

"Harapan ke depan bisa lebih baik memberikan pelayanan kepada masyarakat. Baik dari sisi administrasi maupun dari penyediaan sarana prasarana lalulintas  di wilayah Kabupaten Malang," ucapnya.

Raihan WTN 2019 ini pun, lanjut Lutfi, sekaligus sebagai kado dari Dishub untuk Kabupaten Malang yang telah berusia 1.259 di tahun ini.

"Sekaligus ini kado buat Pak Sanusi (Plt Bupati Malang) dari Dishub," imbuhnya. 

WTN tak semata soal penghargaan, tapi juga cara bersaing bagi daerah untuk membangun sistem angkutan perkotaan yang lebih baik. 

Dengan posisi strategisnya itulah, maka penghargaan tersebut akan menjadi ruang untuk terus menerus meningkatkan sistem kelalulintasan. 

Seperti yang disampaikan oleh Lutfi yang mengajak seluruh pegawainya untuk terus berbuat lebih baik lagi dalam melayani masyarakat.

Pewarta : Dede Nana
Editor : Heryanto
Sumber : Malang TIMES
Share Berita ini:

Berita Terkait

Berita Terbaru

Fokus Berita

Back to top

Share Page

Facebook Twitter Google Text Email
Close